Tak melulu menyasar kalangan masyarakat dewasa, Gita kali ini mengenalkan konsep konsumen cerdas kepada siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).
Sebanyak 130 orang siswa dari sekolah di wilayah Jakarta diperkenalkan konsep Konsumen Cerdas lewat lomba menggambar dan melukis poster.
Acara yang digelar di Kementerian Perdagangan pada Selasa (2/4/2013) ini, merupakan bagian dari peringatan Hari Konsumen Nasional (HKN) yang mengangkat tema Gerakan Meningkatkan Kesadaran Hak Konsumen, yang jatuh pada 20 April nanti.
Pernyataan tersebut disambut acungan jari hampir semua pelajar tersebut. Meski, mereka lebih menyukai pertanyaan, "siapa yang ingin menjadi orang kaya?".
Para pelajar ini berani memberikan pendapat mereka. Cara meraih kesuksesan mulai dari dengan bekerja keras, usaha, dan doa menjadi jawaban yang terlontar dari mereka.
Seusai itu, Gita mulai memberikan pandangan tentang menjadi Konsumen Cerdas. "Kalau mau jadi orang kaya, harus sehat dan cerdas. Panggil saya oom. Oom kasih tahu cara menjadi orang cerdas, menjadi konsumen cerdas. Konsumen cerdas tahu 8 haknya" imbuh dia.
Pertama, kata dia, barang yang dibeli harus aman, selamat, dan nyaman. Kedua, informasi mengenai produk itu harus jujur dan tidak diskriminatif.
"Tau tidak artinya apa? Artinya tidak pilih-pilih, semua sama," kata Gita menjelaskan arti diskriminatif kepada anak-anak tersebut.
Dia pun menyebutkan hak yang ketiga adalah untuk memilih produk. Keempat hak untuk mengeluh atau komplain. Kelima, hak mendapatkan advokasi atau nasihat.
Gita mencontohkan hal ini bisa didapat dari orang tua, guru, atau teman. Keenam adalah hak untuk mendapat pembinaan.
"Kedepan, kita berhak untuk mendapat informasi yang komplit. Jangan sampai kalau beli mainan itu mainan yang berbahaya. Banyak kan mainan yang mudah terbakar," Gita mencontohkan produk yang berbahaya lantaran tak tertulis info lengkap.
Hal terakhir yaitu jika konsumen merasa tidak puas, maka bisa minta kompensasi atau ganti rugi. Itu hal-hal yang dijabarkan Gita kepada konsumern kecilnya.
Dalam keterangan tertulisnya, Gita menjelaskan pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk tingkatkan kesadaran pelajar tentang bagaimana menjadi konsumen cerdas.
0 komentar:
Post a Comment